Sunday, March 13, 2011

Rencananya jadi pengusaha jamur


Mengolah Jamur

Jamur champignon
Jumat, 15/5/2009 | 12:53 WIB
KOMPAS.com - Jamur adalah bahan makanan yang paling mudah beradaptasi dengan aneka bumbu. Makanya, banyak orang mengolahnya menjadi aneka hidangan istimewa nan lezat. Agar cita rasanya makin mantap, perhatikan cara mengolah dan menyimpan jamur.
Mengolah jamur segar. Jamur segar tak perlu dikupas dan dicuci, karena akan cepat rusak dan aromanya berkurang. Campur sedikit air jeruk nipis dalam air bersih. Rendam lap atau kertas tisu, peras, gunakan untuk melap jamur perlahan hingga kotorannya hilang. Agar jamur tetap putih bersih, caranya: didihkan air, tambahkan sedikit air jeruk nipis, masukkan jamur, masak 5 menit. Angkat, langsung rendam di air es. Setelah dingin, simpan jamur di kulkas sebelum diolah.
Mengolah jamur kering. Hati-hati, seringkali jamur kering berbau apek akibat lamanya penyimpanan atau proses pengeringan yang kurang baik. Cara mengolahnya: rendam jamur kering di air hangat 15-30 menit, untuk membuang kotoran yang menempel dan mengembalikan kesegarannya. Buang bagian kerasnya (jika air rendaman berwarna coklat, langsung bilas dengan air bersih), rendam lagi di air hangat bersih, diamkan 10 menit sebelum diolah.
Menyimpan jamur. Jika ada sisa jamur usai digunakan, simpan hati-hati. Caranya, bungkus jamur dalam kertas koran lalu masukkan ke kantong plastik, simpan di lemari es. Jamur akan mampu bertahan sampai 1 minggu.http://female.kompas.com/read/2009/05/15/12530683/mengolah.jamur

Jamur kancing/champignon/button mushroom/jamur kompos
Bentuknya bulat, berwarna putih sedikit krem atau cenderung cokelat muda. Rasanya gurih dan sedikit kenyal. Dijual dalam kemasan kaleng atau segar. Cocok di buat aneka masakan Itali, seperti pizza, gratin, serta omelet.

Jamur tiram
Jamur bertudung/paying yang warnanya putih. Jamur ini mudah busuk karena banyak mengandung air. Jamur ini cocok di tumis (yang segar) dan dicampur ke dalam saus steak (yang dikemas dalam kaleng).

Jamur merang

Bentuknya bulat telur dan warnanya cokelat muda keabuan. Rasanya lebih enak bila di masak sebelum selubungnya mekar. Cocok dipakai untuk campuran mi ayam, sup, cap cay, pepes, dan tumis.

Jamur shitake/hioko/jamur payung
Bentuknya seperti payung dengan tangkai pendek. Bila disantap segar, jamur ini kenyal. Namun bila kering (sebelum diolah harus direndam air panas dulu), jamur ini liat.  Dibanding jamur yang lain, harga jamur ini lebih mahal. Sering diolah ked lam sup miso, cha-wanmushi, mi udon, atau digoreng dengan tepung sebagai tempura.

Jamur Enokitake/jamur taoge

Bentuk dan warnanya mirip taoge besar. Aromanya segar dan rasanya garing. Sebelum dimasak, akarnya dibuang terlebih dahulu. Jamur ini cocok diolah untuk sup atau tumisan dalam masakan Korea dan Jepang.

Jamur Kuping

Bentuknya mirip daun telinga manusia. Yang segar, warnanya cokelat muda dan yang kering warnnya kehitaman. Sebelum digunakan, yang kering harus direndam air panas terlebih dahulu. Cocok di tumis, atau dicampur ke dalam sup kimlo.
http://kosmo.vivanews.com/news/read/70906-mengolah_jamur_jadi_masakan_lezat

Bahan:
500 gr jamur merang
225 gr tepung beras
50 ml air
500 ml minyak goreng

Haluskan:
6 siung bawang putih
1 sdm ketumbar
1 sdt garam


Cara membuat:
1.      Bersihkan jamur, cuci bersih, iris tipis, sisihkan.
2.      Campur bumbu halus dengan air, aduk rata, campur dengan jamur, ratakan, diamkan lebih kurang 20 menit sampai bumbu meresap.
3.      Tiriskan jamur berbumbu sambil agak diperas agar tidak terlalu basah. Balurkan jamur dengan tepung beras sampai rata, goreng sedikit-sedikit sampai matang dan kering.

Untuk 250 gr
keripik jamur tiram
Bahan:
* 300 g jamur tiram, bersihkan
* 200 g jamur kancing segar, iris tipis
* 225 g tepung beras
* 50 ml air
* 500 ml minyak goreng
Bumbu Halus:
* 6 siung bawang putih
* 1 sdm ketumbar
* 1 sdt garam
Cara Membuat:
* Campur bumbu halus dengan air, aduk rata, campur dengan jamur, ratakan, diamkan lebih kurang 20 menit sampai bumbu meresap.
* Tiriskan jamur berbumbu sambil agak diperas agar tidak terlalu basah.
* Lumuri jamur dengan tepung beras sampai rata, goreng sedikit-sedikit sampai matang dan kering.
Untuk 4 porsi.
TIP
1. Sebelum disimpan dalam stoples, sebaiknya jamur yang telah matang didinginkan dahulu. Bila kurang kering, panggang dalam oven dengan api kecil sampai kering.
2. Tidak hanya jamur yang dapat dibuat keripik berlapis tepung beras seperti di atas, wortel iris tipis, bayam atau daun katuk dapat pula digunakan untuk variasi bahan pembuatan keripik sayur.
Nilai gizi per porsi:
Energi: 136 Kkal
Protein: 6,2 g
Lemak: 4,1 g
Karbohidrat: 20,8 g

MONDAY, 23 AUGUST 2010 14:41   PDFPrintE-mail
RESEP: Sate jamur
Ragam
WASPADA ONLINE

(kompas.com)
Bahan-bahan:500 gr jamur kancing/jamur merang, potong 2
½ gelas air asam jawa
2 sdm kecap manis
2 lbr daun jeruk
¼ sdt garam
3 sdm minyak goreng
tusuk sate secukupnya
Bumbu halus:
1 ruas jari lengkuas
1 ruas jari jahe
50 gr kemiri
2 siung bawang putih
5 btr bawang merah
2 sdm gula merah

Cara membuat:

1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, air asam, kecap manis, daun jeruk dan garam, aduk rata. Masak sampai harum dan matang.
2. Masukkan jamur, masak sampai jamur layu. Angkat.
3. Tusukkan 4-5 jamur pada tusuk sate, lalu bakar hingga kering. Angkat dan sajikan hangat.
(dat08/pas)
http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=138337:resep-sate-jamur&catid=67:kuliner&Itemid=99

No comments:

Post a Comment