Thursday, August 14, 2014

Perlu berapa lama belajar silat?

Belajar adalah sebuah proses yang dilakukan terus menerus. Belajar bukan hanya mengenai ilmu-ilmu disekolah tetapi juga banyak ilmu lainnya, dari kita bayi kita mulai belajar tengkurap, merangkak, berjalan, berlari, makan dan bermain sampai saat ini kita belajar disekolah dan belajar di masyarakat. Belajar juga mengenai sikap, cara berpikir, cara bicara bahkan cara beribadah.

Belajar dilakukan dari membuka mata hingga menutup mata, selama mungkin dan dengan cara apapun. Belajar mempunyai tujuan agar hidup membawa manfaat baik bagi diri maupun orang lain.

Kali ini saya akan membahas mengenai belajar silat.
Belajar silat, apa sih gunanya belajar silat?
Belajar silat beguna untuk mengolah kemampuan fisik seseorang, baik untuk kesehatan maupun untuk beladiri. Belajar silat juga melatih pemikiran dan hati, baik bersikap dan berpikir seperti ksatria ataupun manusia baik hati, serta manusia yang menghargai seni.

Perlu berapa lama untuk belajar silat?
Belajar silat sebenarnya mudah asal ada kemauan dan disiplin, bisa sehari, seminggu, sebulan, setahun, 10 tahun, bahkan bertahun-tahun. Tak ada batasan waktu dalam belajar silat, satu jam pun bisa dikatakan telah belajar silat, tapi silat seperti apa yang dimaksud, apakah setelah belajar kita bisa membawa manfaat atau kita bisa memanfaatkan apa yang kita pelajari?

Banyak orang yang mulanya belajar silat hanya untuk kesenangan saja, dari sekedar mencari teman, mencari keringat atau hanya sekedar memuaskan rasa keingin tahuan lama-kelamaan tanpa disadarinya telah belajar silat sampai bertahun-tahun, banyak hal yang telah dikorbankan untuk belajar silat, entah itu waktu maupun uang bahkan bisa jadi pengorbanan dari diri sendiri.

Mengapa mereka bisa belajar sampai bertahun-tahun, bahkan rela banyak hal mereka korbankan?
Jawabannya adalah mereka berusaha terus mencari apa manfaat dari belajar silat itu sendiri. Jika mereka telah menemukan satu manfaat dari belajar silat, kemudian mereka mulai mencari cara untuk menggunakannya dengan terus berpikir dan berlatih, terus seperti itu sampai mereka menutup keinginan untuk bermanfaat.

Manfaat apa yang kita inginkan sebenarnya ketika mau belajar silat? kesehatan, punya banyak teman, hanya untuk bergaya dan jago-jagoan atau untuk mengabdi diri sepenuhnya pada silat?
Tentu saja banyak manfaat dari belajar silat, coba saja tanya pada guru-guru silat atau pecinta-pecinta silat. menulis dengan kata-kata tentu tak akan cukup. Akan banyak kisah heroik, menyentuh hati bahkan sedih dibalik manfaat beljar silat yang disebarkan.

Itulah sedikit pemikiran saya
Belajar silat boleh hanya satu jam
tapi apa manfaat yang didapat?
Belajar silat bertahun-tahun
tapi apa manfaat yang didapat?
Berpikirlah, manfaat apa yang kamu cari dari belajar silat.

Salam Silat.
DM

1 comment:

  1. assalamualaikum......silat buat saya....olah raga/kesehatan...dan salah 1 olahraga yg saya senangi atau hoby mungkin...bukan senang berantem atau hoby jago jagoan....justru utk mencapai ketenangan jiwa kesehatan jasmani dan belajar beladiri itu sunah rasul....

    ReplyDelete