Tuesday, December 1, 2009

Proposal Silat

A. Dasar Pemikiran

Pecak silat merupakan beladiri yang berkembang di Indonesia sejak dahulu. Pencak silat dibuat oleh nenek moyang kita bukan saja tentang bertarung untuk melumpuhkan lawan tetapi juga mengajarkan filosofi hidup, kearifan sikap dan banyak hal positif didalamnya. Dalam pencak silat diajarkan pengabdian, pengabdian terhadap orang tua, guru, bangsa dan agama. karena pelajaran yang didapat dalam silat itulah seorang pesilat bisa lebih bijak memaknai kehidupan dan bisa bersikap lebih arif dalam mengahadapimasalah.
Pencak silat terus berkembang hingga hari ini, tapi apakah berkembang kearah kemajuan atau kemunduran? Pencak silat terus menyebar ke benua eropa, afrika bahkan amerika tapi bagaimanakah perkembangannya di Indonesia sendiri?
Sepertinya kehidupan perguruan ataupun paguyuban silat sudah kehabisan darah, tak lancar bernapas dan tak bebas bergerak, kesannya hidup segan mati tak mau.
Pencak silat selama ini hanya berdiri dengan pengabdian para peminatnya, dengan biaya dari kantong sendiri walau tak ada hasil yang menguntungkan, tapi bagi penggelut silat itu merupakan kepuasan batin sekaligus jalan beramal.
masih patutkan hal ini dipertahankan?
Saya rasa hal ini patut terdapat perubahan. silat patut dibangkitkan kembali. silat merupakan milik masyarakat,hak mereka untuk mengetahui dan mempelajarinya. kita harus menyadarkan masyarakat akan haknya itu.

B. Jenis Kegiatan

dalam silat diajarkan kekuatan diri secara fisik dan batin. dilatih fisiknya agar sehat serta dilatih batinnya untuk saling mengasihi.

C. Maksud dan Tujuan.

Maksud dari proposal ini adalah
1. Sebagai realisisasi dari kecintaan terhadap pencak silat
2. Untuk meningkatkan minat dan usaha dalam pencak silat Indonesia

Tujuannya dari proposal ini adalah
1. Agar anggota masyarakat mengetahui keadaan pencak silat saat ini
2. Agar anggota masyarakat dapat berperan aktif dalam perkembangan pencak silat
3. Memotivasi para guru, pelatih serta peminat silat dalam berlatih, mengembangkan dan menciptakan prestasi dalam
4. Menjalin tali silahturahmi antar penggelut silat dan masyarakat pada umunya


C. Peserta Kegiatan

1. praktisi silat/pesilat
2. masyarakat umum

D. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

kegiatan pelatihan silat dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun, baik itu dirumah, lapangan terbuka bahkan gedung bertingkat.

H. Anggaran

Kebutuhan
perlengkapan latihan
- target dan body protector
- matras
- senjata silat
- baju latihan
- kebutuhan para guru, pelatih dan murid dalam berlatih

I. Penutup
Demikianlah proposal ini saya buat dan saya ajukan kepada khalayak ramai untuk mendapat dukungan dan partisipasinya, terima kasih.

No comments:

Post a Comment