Wednesday, April 23, 2014

Mengatasi Rasa Takut Dalam Pertarungan / Menghadapai Lawan

Sering orang bertanya "Bagaimana menghadapi rasa takut ketika menghadapi lawan atau bagaimana agar tidak down ketika menghadapi lawan ?”
Berikut ini saya mencoba memberikan Tips "Mengatasi Rasa Takut Dalam Pertarungan / Menghadapai Lawan"
Didalam beladiri, Pertarungan adalah sebuah moment yang pasti akan dihadapi oleh setiap anggota/praktisinya, tentunya bagi mereka yang telah memenuhi syarat untuk melakukannya. Setidaknya mereka sudah berlatih selama 1 tahun sebelum anda menginjak ke dalam sesi pertarungan ini. Mendapat lawan sebanding atau setara dengan kita baik dalam tinggi, berat badan dan pengalaman bertarung, tidak membuat kita gentar untuk melakukan perlawanan. Mental kita akan teruji jika kita sanggup melawan seseorang yang tidak sebanding dengan kita, secara fisik (tinggi dan berat badan) dan factor pengalaman ada diatas kita.
Apa yang akan kita lakukan jika berhadapan dengan lawan seperti itu?
Ada beberapa tips yang dapat dipakai sebagai patokan bagi kita untuk mengatasi rasa takut kita.
1.    Berlatih dan Berpikir Positif
Berlatihlah dengan sungguh-sungguh, mengulang sendiri semua gerakan yang telah kita dapat di tempat latihan. Setiap kali kita menunjukan kemajuan disetiap gerakan (baik pukulan dan tendangan) akan menambah rasa percara diri dalam diri kita. Selain kemajuan dalam gerakan, kemajuan dalam bentuk latihan fisik seperti push-up, sit-up, chin-up dan kegiatan fisik lainnya juga akan meningkatkan rasa percaya diri pada diri kita.
Berpikirlah positif jika kita sedang merasa takut, jangan membuat diri kita berpikir yang tidak perlu atau berpikir negative seperti mengeluarkan statement :
-       Wah besar sekali lawan saya, kalau kena tonjok sekali bisa mental,
-       Wah dia sudah punya pengalaman bertanding ditingkat dunia, pasti saya kalah
-       Saya nggak mungkin mengalahkan dia, kakinya aja segede Gajah. Sekali tending bisa putus kakiku.
Gantilah statement tersebut menjadi seperti berikut
-       Wah saya dapat kesempatan emas bisa ketemu lawan se-kaliber dia, saya akan tunjukin kemampuan saya kepada dia.
-       Badan gede belum tentu bisa push-up sebanyak saya atau split seperti saya. Coba rasakan tendangan dan pukulan saya nanti.
-       Belum tentu kaki segede itu punya tulang kering sekeras saya.

2.    Bertarung dengan Pelatih
Sebisa mungkin, mintalah kesempatan untuk melakukan latihan pertarungan dengan pelatih anda. Sebagai Pelatih akan memberikan petunjuk bagi kita yang sedang belajar. Dengan begitu, kita tidak perlu takut jika seorang pelatih akan menghajar kita sampai babak belur.
Seorang pelatih dapat dipastikan memiliki pengalaman bertarung jauh diatas Anda, apalagi jika pelatih yang melatih anda pernah mendapatkan prestasi dalam event turnamen atau kejuaraan beladiri. Banyak petunjuk yang dapat kita dapatkan dari seorang pelatih.
3.    Mengikuti Turnamen
Jika anda sudah mencapai tingkatan yang cukup untuk melakukan pertarungan, luangkan waktu anda untuk mengikuti turnamen. Ikutilah turnamen tingkat daerah terlebih dahulu atau turnamen antar kelompok latihan jika memang ada.
Dalam turnamen pertama anda ini, anda tidak perlu mentarget untuk menjadi juara, anda hanya perlu mengatasi rasa takut anda di babak pertama. Mengapa?
Pada suatu kejuaraan kita tidak hanya di saksikan oleh rekan sesama anggota kelompok latihan, melainkan kita disaksikan oleh penonton umum yang datang khusus untuk menyaksikan anda berlaga di arena. Animo penonton inilah yang dapat membuat anda menjadi semangat atau sebaliknya membuat anda menjadi semakin takut. Jika anda berhasil menaklukan rasa takut Anda di babak pertama (apapun itu hasilnya), anda akan menjadi semakin PD (Percaya Diri) dari sebelumnya. Jika gagal, lakukan review atas kegagalan anda dalam mengatasi rasa takut dan lihat tips pertama.
Mengatasi rasa takut bukanlah hal yang mudah, butuh proses yang lama dan perlu niat yang bulat untuk melawan rasa takut anda. Beberapa tips diatas dapat anda gunakan untuk mengatasi rasa takut, selebihnya tergantung pada anda sendiri. Semoga beberapa tips diatas dapat membantu anda mengatasi rasa takut anda dalam bertarung
Via Grup Forum Silat Tradisional Indonesia pada 2 April at 19:30

Editor : Dolly Maylissa

No comments:

Post a Comment